Ragam Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Inter Connected Network  atau yang sering kita kenal dengan istilah internet merupakan media yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan berkomunikasi. Siapapun dapat menggunakan internet tanpa dibatasi, kapan pun di mana pun. Bila digunakan secara benar, internet ini bisa memberikan dampak yang positif, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Berikut ini ada beberapa manfaat  internet bagi dunia pendidikan yang perlu kita ketahui.

Memperlancar Komunikasi Siswa dan Guru

Internet memungkinkan komunikasi antara siswa dan guru tidak sebatas terjadi di dalam kelas. Adanya fitur-fitur komunikasi di internet berupa email, chating, social media, video, dan skype mendukung hal tersebut. Tanya jawab tentang pelajaran yang kurang dimengerti saat di dalam kelas ataupun share informasi dengan mudah dilakukan via chatting gruop atau social media. Bahkan dengan internet, belajar bisa dilakukan secara jarak jauh, misalnya dengan video conference.

Kian Mudah Mendapatkan Informasi

Kelebihan internet adalah mengaburkan batas-batas geografis sehingga dapat semua belahan dunia. Semua informasi bisa didapat supercepat dengan jangkauan yang tanpa batas. Hal dapat mempermudah siswa maupun guru mendapatkan informasi materi pelajaran dan dapat mengikuti perkembangannya dengan mudah tanpa harus menunggu guru menjelaskan atau menunggu cetakan buku terbaru. Selain itu, internet pun bisa menjadi sarana pembelajaran yang efektif, sebagai contoh bila siswa lebih mudah belajar dengan poin-poin maka dapat menggunakan PPT atau Slide Share sebagai sarana pembelajaran. Bila gaya belajar siswa visual maka dapat menggunakan video maupun flash.

Menumbuhkan Kemandirian dan Kreativitas

Dengan bahan atau informasi yang sudah tersedia lengkap di internet membuat siswa lebih mandiri dalam penyelesaian sebuah permasalahan, tanpa harus bergatung kepada siapa pun. Meski begitu dengan catatan; adanya pengawasan dan arahan yang baik dari orang dewasa  -- orangtua dan guru-- agar internet benar-benar dimanfaatkan untuk hal-hal baik dan menunjang pendidikan. Selain itu, konten-konten internet yang beragam, mulai dari teks-teks, visual image video inspiratif, pengetahuan umum, dan sebagainya akan mendorong kreativitas, sehingga siswa bisa berpikir kreatif atau out the box