Semarak CFD #BukuUntukIndonesia, Ajakan Berbagi Kebaikan Melalui Buku
Kami ingin berpartisipasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia
Armand W Hartono

Sebuah acara bertajuk Car Free Day #BukuUntukIndonesia dilangsungkan di depan Menara BCA, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, hari ini, Minggu (26/3/2017) mulai pukul 06.30 hingga 09.00 WIB. 

Beragam kegiatan digelar, di antaranya zumba dan aerobik. Ratusan orang kompak melakukan zumba dan aerobik di depan Menara BCA.  Mulai dari anak-anak,  pemuda, hingga orang tua turut serta. Sesekali mereka meneriakkan kata "hoi!" untuk membakar semangat.

Suasana makin meriah dengan kehadiran Giring  Ganesha; presenter Kick  Andy,  Andy  F  Noya;  Sandra Dewi, serta  duo komika Afud dan Choky.

Selain memeriahkan suasana hari bebas kendaraan, para public figure tersebut berbagi pengalaman terkait pentingnya membaca buku. Sumber pengetahuan dan kreativitas kian terasah dengan membaca buku. Namun sayangnya,  masih banyak  orang kesulitan mendapatkan akses buku, terutama mereka yang tinggal di luar wilayah perkotaan.

Sulitnya akses mendapatkan buku itu menginspirasi PT Bank Central Asia (BCA) menggagas gerakan #BukuUntukIndonesia. Gerakan tersebut sekaligus sebagai bentuk rasa syukur  Bank BCA yang pada 2017 ini genap berusia 60 tahun. Bank BCA ingin lebih berkontribusi terhadap kemajuan Sumber Daya Manusia  di Indonesia.

Wakil Presiden Direktur  BCA  Armand W Hartono dan Direktur BCA Santoso mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam gerakan #BukuUntukIndonesia.

"Pada ulang tahun BCA ke-60 pada 21 Februari 2017, kami ingin berpartisipasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di Indonesia melalui hal yang sebetulnya sederhana dan mudah dilakukan oleh kita semua. Kami ingin BCA menjadi lebih baik, bukan hanya dari sisi keuangan saja, tapi juga untuk Indonesia sesuai visi kita," ujar Armand.

Melalui gerakan #BukuUntukIndonesia, Bank BCA berkomitmen menumbuhkan kembali semangat membaca. Gerakan berbagi ini bertujuan memberikan dan memperluas akses anak Indonesia terhadap buku.

Bagi masyarakat  yang ingin berpartisipasi dalam gerakan #BukuUntukIndonesia, dapat memulainya dengan langkah kebaikan yaitu dengan mengunjungi tautan https://bukuuntukindonesia.com/ lalu klik tombol "Berbagi". Dengan minimal Rp100 ribu Anda dapat berpartisipasi dalam gerakan BukuUntuk Indonesia. Nantinya dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke sejumlah daerah di Indonesia. 

Sebagai apresiasi atas partisipasi dalam gerakan ini, Anda akan mendapatkan kaus apresiasi berbahan dry-fit.

Semarak CFD #BukuUntukIndonesia, Ajakan Berbagi Kebaikan Melalui Buku

Pantauan Metrotvnews.com, di sela berlangsungnya Car Free Day #BukuUntukIndonesia banyak warga yang antusias berdonasi.  Mereka menunjukkan kepedulian terhadap anak-anak yang kesulitan mendapatkan akses buku. Salah satunya, Hari Sudjatmito. Menurut dia, gerakan ini sangat bagus untuk menolong anak-anak yang membutuhkan buku.

"Ini acara yang bagus, karena banyak sekali penduduk di daerah yang memerlukan buku. Saya tahu persis kondisinya karena saya terlibat dalam lembaga pelayanan pendidikan di daerah,” kata Hari. Warga lainnya, Elfrida, ikut serta berdonasi. Kata dia, buku penting untuk menambah pengetahuan. Oleh sebab itu, Elfrida tergerak hatinya untuk berpartisipasi dalam gerakan #BukuUntukIndonesia. "Gerakan ini sangat bagus sekali. Makanya, harus didukung," ucap Elfrida.

Pada pertengahan acara, sebanyak 10 penari dan ratusan orang berbaju serba biru melakukan flashmob dancer  di depan area panggung utama. Setelah menari selama beberapa menit, mereka membentuk angka 60 yang merupakan simbol usia Bank BCA. Kemudian, pembagian balon dilakukan kepada peserta Car Free Day.

Semarak CFD #BukuUntukIndonesia, Ajakan Berbagi Kebaikan Melalui Buku

Berbagai permainan juga dilangsungkan untuk menghibur para peserta dan warga yang sedang berolahraga. Dari serangkaian permainan tersebut ada peserta yang berhasil mendapatkan buku yang telah ditandatangani Andy F Noya dan Giring sebagai hadiah memenangkan permainan.Tak ketinggalan, komika Vikrie Rasta mencairkan suasana di panggung utama dengan stand-up comedy-nya.

Menjelang berakhirnya acara, diumumkan nama lima orang pemenang kuis media sosial. Masing-masing mereka berhak atas hadiah saldo Sakuku senilai Rp1 juta.

Salah satu pemenang, Sarah, mengatakan bahwa kuis tersebut sangat menarik untuk menumbuhkan kepedulian memberikan akses buku untuk anak-anak di daerah. "Gerakan ini bagus. Seperti  yang diucapkan om Andy Noya, anak-anak di luar daerah belum bisa membaca. Apalagi aku termasuk panitia semacam gerakan ini, jadi tertarik dengan kegiatan ini," tutur perempuan asal Depok ini.

Seluruh rangkaian acara  Car Free Day #BukuUntukIndonesia ditutup dengan menyanyikan lagu Arti Sahabat bersama Giring  Ganesha sebagai bentuk komitmen dukungan kepada sahabat-sahabat kita anak Indonesia agar mereka dapat belajar lebih baik lagi.