Tingkatkan Minat Baca, BCA Serahkan Donasi Buku di Tujuh SD di Lampung

Metrotvnews.com, Pringsewu: PT Bank Central Asia Tbk (BCA) membagikan buku bacaan dan mengadakan kegiatan story telling di Lampung sebagai upaya mengajak anak-anak tingkat sekolah dasar memiliki kegemaran membaca sejak dini.

Aksi tersebut merupakan perwujudan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia di mana sejak bulan Maret 2017 lalu, BCA mengajak masyarakat luas berpartisipasi memberikan donasi melalui Program Buku Untuk Indonesia dan disalurkan ke beberapa daerah.

Hadir untuk memberikan donasi buku, Direktur BCA Santoso didampingi Senior Vice President Corporate Social Responsibility BCA Sapto Rachmadi dan Kepala KCU BCA Bandar Lampung Soeharjo Moeliadi menyerahkan secara simbolis beberapa buku bacaan kepada 7  Kepala Sekolah SD Negeri yang dilaksanakan di SDN Gadingrejo 7, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Jumat, 21 Juli 2017.
Tujuh SD tersebut yakni SD Negeri 7 Gadingrejo, SDN 2 Banjarsari Metro Utara, SDN 3 Bumi Waras, SDN 5 Bumi Waras, SDN 3 dan 4 Sukaraja, dan SDN 4 Gunung Terang di SD Negeri 7 Gadingrejo, Pringsewu, Bandar Lampung.

Turut menyaksikan penyerahan buku tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar, Kepala UPT Pendidikan Bandar Lampung Yekti Budi Utami, Kepala Dinas Pendidikan Kab Pringsewu Tri Prawoto, Kepala Dinas Sosial Bandar Lampung Sumarju Saeni.

Pada kesempatan itu, Santoso mengatakan, dalam rangka HUT ke-60, BCA berkomitmen untuk menjadi Lebih baik melalui tiga pilarnya Belajar Lebih Baik, Melayani Lebih Baik, dan Memberi Lebih Baik.

"Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk Memberi Lebih Baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia,” ujar Santoso dalam sambutannya.

Gerakan Berbagi “Buku untuk Indonesia” berhasil mengundang partisipasi masyarakat yang tinggi. Pada periode pertama, yang dilaksanakan sejak 15 Maret hingga 15 Juni 2017, terkumpul dana donasi Rp1,05 miliar. Dari dana tersebut, BCA mewujudkan dalam bentuk buku yang didonasikan ke 104 sekolah penerima di 60 titik di Indonesia.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia dan mempercayakan BCA sebagai perpanjangan tangan dalam berbagi kebaikan. Mari kita terus ciptakan akses yang luas kepada anak-anak di daerah untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan mereka terhadap dunia yang tanpa batas dan menuju kehidupan yang sejahtera,” tambah Santoso.

Kepala Sekolah SDN Gadingrejo 7 Sutrisno mengapresiasi kepada BCA yang telah memberikan banyak bantuan kepada sekolahnya dan sekolah binannya. Ia berharap agar bantuan ini terus berkelanjutan untuk meningkatkan minat baca para muridnya dan murid dari SD binaan lainnya.

"Kiranya memperoleh kelayakan dalam dunia pendidikan dan meningkatkan prestasi yang kita harapkan," jelas Sutrisno.

Selain di Lampung, BCA juga akan melakukan penyaluran donasi #BukuUntukIndonesia serempak di 5 kota dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Kelima kota tersebut adalah Banda Aceh mewakili Sumatera, Garut mewakili Jawa, Singkawang mewakili Kalimantan, Makassar dan Manado mewakili Sulawesi, dan Kupang mewakili Indonesia Bagian Timur.

“Kami berharap Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia dapat berkontribusi menumbuhkan minat baca sejak dini, terutama pada tunas-tunas bangsa yang kelak akan mewarisi negeri ini,” tutup Santoso.

Menjawab animo masyarakat yang tinggi, gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia akan berlanjut hingga akhir tahun 2017. Kunjungi laman www.bukuuntukindonesia.com atau melalui cabang BCA terdekat untuk berpartisipasi dalam gerakan ini.