Raih Cita-cita dengan Banyak Membaca

Membaca memang belum menjadi budaya di Indonesia. Buktinya, dalam hasil studi Most Literate Nation in the World 2016, minat baca di Indonesia berada di peringkat kedua paling belakang alias  peringkat 60 dari 61 negara di dunia.

Meski demikian, seiring berjalannya waktu, harus diakui makin banyak orang mulai gemar menghabiskan waktunya dengan membaca. Sayangnya, untuk pilihan bahan bacaan terdapat perbedaan antara Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Akses pada buku harus diakui lebih mudah di Indonesia Barat, khusus pulau Jawa. Hal ini berbeda dengan Indonesia Tengah dan Timur. Di Indonesia bagian tersebut, akses buku terbilang sulit. Makin ke Timur, akses buku pun makin sulit dan mahal.

Raih Cita-cita dengan Banyak Membaca

Hal ini melatari aksi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan gerakan #BukuUntukIndonesia. Melalui gerakan ini, BCA ingin memberikan kontribusi untuk lebih membuka akses pada buku berkualitas di pelosok Indonesia.

Kupang, Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan gerakan ini. Di Kupang, ada dua sekolah yang menjadi tujuan sumbangan buku, yakni SD Negeri 2 Oetona dan SD Negeri Batuplat 2.

Raih Cita-cita dengan Banyak Membaca

“Kami merasa senang mendapat bantuan dari BCA. Buku-buku di perpustakaan kami sudah kumal karena sering dibaca. Jenis bukunya juga kurang beragam, sehingga anak-anak terpaksa membacanya berulangkali dan bosan. Bantuan buku ini tentu akan membantu kami meningkatkan literasi anak-anak di sekolah,” ujar Kepala Sekolah SD Negeri 2 Oetona Adriana A. Dju Tadjo di KCU BCA Kupang (25/7).

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri Batuplat 2 Marthinus Bili Bani mengungkapkan bahwa bantuan buku dari BCA sangat tepat, karena perpustakaan sekolahnya sangat membutuhkan buku-buku penunjang pelajaran yang berkualitas dan dapat mendukung minat baca anak didik.

Kepala KCU BCA Kupang Robertus Gozali menyambung, gerakan #BukuUntukIndonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk memberi lebih baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok Indonesia.

“Minat baca ini sangat penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia. Dengan belajar yang baik dan pintar, anak-anak bisa membuat orang tua menjadi senang serta bisa membantu anak mencapai cita-cita,” katanya di seremoni penyerahan donasi buku pada sekolah yang terpilih.

Raih Cita-cita dengan Banyak Membaca

Di acara yang sama, BCA juga memperkenalkan jenis layanan, produk dan profesi-profesi apa saja yang ada dalam sebuah bank. Sebagai informasi, hingga 15 Juni 2017 ini, sudah terkumpul dana donasi lebih dari Rp1 miliar yang siap disebarkan dalam bentuk buku ke 104 sekolah di 60 titik di Indonesia.

http://smart-money.co/lifestyle/raih-cita-cita-dengan-banyak-membaca